Kamis, 11 November 2010

Kepribadian Bangsa Timur

      Menurut saya kepribadian itu terbentuk karena adanya hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Tuhan. Kepribadian yang dimiliki seseorang merupakan ciri khas dari orang tersebut, Begitu juga dengan suatu bangsa ataupun Negara. Setiap bangsa dan Negara pasti memiliki kepribadian yang berbeda dengan yang lainnya.
     Berbicara mengenai kepribadian bangsa timur, saya langsung terpikir untuk membahas bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai agama, suku, dan budaya. Tetapi tetap merupakan satu kesatuan dan terdapat semangat yang menggelora. Bangsa Indonesia dikenal memiliki kepribadian yang baik di mata bangsa lain. Bangsa Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang ramah terhadap siapapun, tidak membeda-bedakan ataupun melihat orang lain dari degi agama, suku, ras, dan budaya. Selain itu ada beberapa kebiasaan bangsa Indonesia yang masih bertahan samapi sekarang, yaitu : ketika mendekati lebaran, mereka akan mudik dengan membawa keluarga serta sanak saudara. Dan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, mereka shalat berjamaah dan setelah itu berkumpul dengan semua sanak saudara, makan bersama, serta mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Biasanya seorang anak berlutut (sungkem) kepada orangtuanya untuk meminta maaf. Orang Indonesia kurang memperhatikan lingkungan di sekitarnya atau bisa dibilang kurang menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya. Misalnya saja : masih banyak yang membuang sampah sembarangan, padahal sudah disediakan tempat sampah dimana-mana.
      Selain itu  mereka juga kurang memperhatikan kedisplinan. Contohnya : ketika diadakan pertemuan di suatu tempat dengan jam yang sudah ditentukan, tetap sajka mereka suka datang terlambat (ngaret). Dalam hal makanan, mereka lebih menyukai makanan junk food atau makanan siap saji, beberapa diantaranya jarang sekali mengkonsumsi sayuran disertai berbagai macam alasan.Padahal seperti yang kita ketahui bahwa sayuran itu sangat penting dan membuat tubuh kita menjadi sehat. Dalam hal berpakaian, biasanya anak sekolah sering mengeluarkan bajunya (seragamnya) walaupun masih berada di dalam lingkungan sekolah, lalu memakai rok sekolah yang tidak sesuai dengan peraturan di sekolahnya. Tapi disamping itu semua, Nilai dan Budaya Indonesia terdapat di dalam Agama. Mereka percaya tentang adanya Tuhan, meskipun beberapa diantaranya suka menyembah roh-roh yang tidak patut untuk disembah. Orang Indonesia mempunyai rasa tenggang rasa yang sangat tinggi. Seperti bencana yang dialami oleh saudara-saudara kita di Mentawai dan korban sangat membutuhkan temat tinggal, pakaian, obat-obatan dan yang lainnya. Kita sebagai orang yang peduli terhadap mereka lengsung menyumbangkan sesuatu yang nantinya berguna bagi mereka. Bangsa Indonesia juga memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Jika ada orang yang kesusahan, mereka akan membantunya sesuai kemampuan mereka. Perbedaan tiak dijadikan alasan bagi mereka. Mereka bisa saling menghormati dan menghargai antar umat beragama. Saya yakin jika itu dilakukan oleh semua orang maka kerukunan akan tercipta dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar