Sabtu, 27 November 2010

Penyebab Perubahan Kebudayaan

  Kebudayaan adalah seluruh tindakan atau hasil karya manusia yang berkembang dan diwariskan secara turun temurun. Setiap bangsa mempunyai budaya yang telah dijadikan suatu cara untuk bertahan hidup. Tapi, di samping itu banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi terhadap budaya tersebut. Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya antara lain :
-Adanya arus globalisasi yaitu suatu istilah/proses yang saling berkaitan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain, terjadi di seluruh dunia dan dapat melalui suatu kerjasama dalam perdagangan, budaya yang populer, dan lain-lain. Globalisasi dibantu oleh majunya teknologi dan menyebarkan cara hidup yang modern, khusunya bagi orang-orang yang berasal dari negara Barat. Contoh globalisasi dalam hal perdagangan adalah perdagangan bebas yaitu perdagangan yang dilakukan bukan hayan di negara tersebut, tapi juga di negara-negara lain melalui suatu perjanjian. Perjanjian bisa dilakukan oleh 2 negara (bilateral) misalnya : Negara Indonesia bekerjasama dengan AS. Bisa juga dilakukan oleh banyak negara (multilateral), misalnya ASEAN.
-Zaman modern atau modernisasi dimulai dengan revolusi industri di Eropa, abad ke 19 secara terus menerus mengalami kemajuan hingga sekarang. Menurut saya modernisasi itu adalah suatu perubahan yang dialami masyarakat dari yang sifatnya tradisional menjadi lebih maju lagi. Misalnya dalam hal berkomunikasi, zaman dahulu, masyarakat masih menggunakan surat sebagai alat komunikasi, tapi karena perubahan zaman sehingga komunikasi menggunakan surat sudah jarang digunakan. Sekarang kita berkomunikasi cukup melalui telepon atau mengirimkan SMS. Zaman sekarang, manusia sudah mengenal handphone, jadi tidak memerlukan waktu yang lama untuk berkomunikasi, biayanya juga tidak mahal. Dalam hal teknologi atau mencari informasi, dahulu kita mencari informasi dengan membaca koran dan buku. Tapi sekarang sudah ada yang namanya internet. Jadi manusia pasti memilih sumber informasinya internet, meskipun masih ada yang membaca koran, buku, dan lain-lain
  Di zaman modern, masyarakat lebih bersifat individualis. Banyak yang mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain yang kesusahan. Mereka lebih banyak mencari kesenangan untuk hidup mereka sendiri.
- Konsumerisme yaitu cara hidup mengkonsumsi barang-barang yang tidak atau belum dibutuhkan. Misalkan si A sudah mempunyai mobil tp dia ingin membeli 1 mobil lagi. Padahal dengan mempunyai 1 obil itu sudah cukup. Contoh yang lain lagi : Ketika ke mall, biasanya kita berbelanja barang-barang yang seharusnya belum kita butuhkan saat ini.
  Perilaku hidup konsumtif ini menurut saya mencerminkan sifat yang boros, karena membuang-buang uang untuk suatu barang yang memang belum kita butuhkan. Faktor lain adalah masuknya budaya-budaya asing di negara kita (Indonesia). Budaya asing yang dimaksud adalah budaya yang dibawa oleh orang Barat ke Indonesia. Contoh : dalah hal berbusana, banyak orang Indonesia yang mengikuti gaya orang Barat, lalu dalam hal berbicara juga seperti itu. Contoh lain : adanya film-film buatan negara lain yang ditayangkan di Indonesia, sehingga orang Indonesia lebih tertarik dan mengikuti pola hidup orang Barat. Menurut saya, kita sebagai bangsa Timur harus bisa memilah milih mana yang benar dan kurang benar serta mana yang baik atau kurang baik. Dan kita tidak boleh menghilangkan budaya asli negara kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar