Minggu, 10 Oktober 2010

Cara Membentuk Lengan Yang Indah dan Sehat

Memiliki bentuk badan yang ideal memang menjadi idaman setiap orang. Lengan merupakan salah 1 bagian tubuh yang penting dan mendukung agar tubuh terlihat ideal, terutama bagi para wanita. Oleh sebab itu kesehatan lengan harus dijaga, dengan cara melatih otot-otot lengan.

Otot lengan terdiri atas: Otot fleksor lengan bawah depan, otot ekstensor lengan bawah bagian belakang, otot bisep atau otot lengan depan dan otot trisep atau otot lengan belakang. Masing-masing otot tersebut perlu dilatih kekuatan dengan gerakan tertentu agar kelenturan dan kekuatannya tetap terjaga.

Otot deltoid (otot bahu) dan otot trapezius (otot punggung) juga perlu dilatih agar bentuknya seimbang dengan otot lengan.

Sebelum berlatih, INGAT! selalu lakukan pemanasan dan pendinginan selama 5-10 menit. Tujuan pemanasan adalah menyiapkan elastisitas otot dan mengalirkan darah perlahan-lahan ke otot agar terhindar dari cedera selama latihan. Sedangkan pendinginan bertujuan untuk mencegah penggumpalan darah di dalam otot.

Berikut ini ada beberapa gerakan untuk membentuk lengan agar terlihat indah:

1. Pemanasan
Gerakan ini dilakukan dengan berdiri. Satukan jari tangan dan putar lengan sehingga telapak tangan menghadap ke depan. Lakukan kembali ke posisi semula. Ulangi 2-3 kali.

2. Membentuk Otot Bisep
Gerakan ini memerlukan alat, yaitu "dumbbell". Pegang dumbbell di kedua tangan atau bisa juga di salah satu tangan. Gerakkan tangan ke arah dada dan turunkan. Lakukan 8-12 kali pengulangan sesuai kemampuan. Perhatikan berat dumbbell! sebaiknya disesuaikan dengan kekuatan anda.

3. Membentuk Otot Trisep
Pegang dumbbell, lalu gerakkan ke bawah. Lakukan 8-12kali pengulangan atau sesuai kemampuan.

4. Membentuk Otot Dada Depan
Seperti gerakan butterfly dengan kedua belah tangan memegang dumbbell. Gerakkan tangan ke samping dan kembali ke depan dada. Lakukan 8-12 kali pengulangan atau sesuai kemampuan anda.

5. Membentuk Otot Punggung dan Bisep
Pegang dumbbell di kedua belah tangan, lalu gerakkan tangan ke belakang kepala. Lakukan 8-12kali pengulangan atau sesuai kemampuan tubuh anda.

6. Latihan Untuk Otot Fleksor/Lengan
Pegang dumbbell pada tangan. Letakkan tangan di atas meja. Angkat tangan ke atas dan ke bawah. Lakukan 8-12 kali atau sesuai kemampuan tubuh.

7. Latihan Untuk Otot Ekstensor/Lengan Bawah
Pegang dumbbell pada tangan. Letakan tangan diatas meja. Gerakkan ujung pergelangan tangan ke atas dan ke bawah sebanyak 8-12 kali atau sesuai kemampuan anda.

8. Pendinginan
Posisi berdiri. Satukan telapak tangan. Tarik dan miringkan badan ke arah samping kanan dan kiri. Lakukan dengan perlahan, selama 2-3kali pengulangan.
sumber : www.medicalera.com/index.php?option... -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar