Minggu, 18 Maret 2012

Fenomena dan teori kesmen


NAMA : FIONA CHANDRADEWI
KELAS : 2PA01
NPM : 12510789

Fenomena yang marak terjadi pada saat ini adalah pemerkosaan yang sering terjadi dan dilakukan oleh seorang atau sekelompok pria terhadap wanita yang kemungkinan tidak dikenalnya. Pemerkosaan dapat terjadi dimana saja, seperti di angkutan umum, dan di tempat-tempat yang sepi. Pria tersebut menyalurkan hasrat seksualnya kepada wanita tersebut karena mungkin sudah tidak bisa mengendalikan nafsu birahinya dan tidak berfikir secara rasional serta tidak menggunakan logika lagi. Akhirnya ia melakukan cara seperti itu untuk mendapatkan kepuasanan seksualnya. Perlakuan pria tersebut akan sangat membawa dampak yang besar sekali bagi kesehatan mental wanita (korban).


Kesehatan mental menurut teori Psikoanalisis Freud
ada 3 struktur kepribadian, yaitu :
1. Id
Merupakan kondisi psikologis seseorang yang asli dan berisikan hal-hal secara psikologis yang diwariskan serta sudah ada sejak lahir. Id bekerja dengan menggunakan prinsip kenikmatan (pleasure principle). Semua keinginan-keinginan yang menyenangkan akan mucul melalui id seperti hasrat seksual.

2. Ego
Berfungsi sebagai pengontrol segala tindakan yang ingin dipuaskan oleh id, memutuskan insting mana yang akan dipuaskan beserta caranya. Ego bekerja dengan menggunakan prinsip kenyataan (reality principle). Dalam hal ini, pria ingin menyalurkan hasrat seksualnya (id), dan ego melihat kenyataan yang terjadi bahwa wanita tersebut bukanlah istrinya. Maka dari inilah pria memilih antara menjadikan kenyataan dari keinginannya tersebut atau mengendalikan nafsunya.

3. Super Ego
   Nilai-nilai moral yang ditanamkan oleh orang tua kepada anaknya atau yang sudah ada di dalam masyarakat secara turun temurun. Super ego merupakan cerminan dari perbuatan seseorang yang menentukan benar atau salah perbuatan yang telah dilakukannya. Disini, seorang pria yang telah melakukan pemerkosaan akan menerima omongan dari orang sekitarnya dan sapat dikatakan abnormal serta memiliki mental yang tidak sehat.

Bagi wanita yang menjadi korban, hal tersebut akan membawa dampak yang besar. Ia akan merasa sangat terpukul, malu, dan merasakan trauma yang cukup besar. Trauma tersebut berlangsung lama dan kejadian itu akan selalu ada di dalam pikirannya. Mental wanita tersebut pun menjadi terganggu, bisa saja ia menjadi seseorang yang pendiam, pemurung dan hanya bisa menangis  kalau mengingat kejadian tersebut.


sumber :  
http://yesi-echi.blogspot.com/2012/03/fenomena-yang-berhubungan-dengan-teori.html

   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar