Rabu, 01 Januari 2014

TUGAS SOFTSKILL REVIEW SKRIPSI

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENANGANAN DAN PENYEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH (STUDI KASUS DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA)


ABSTRAK
        Salah satu penyakit yang cukup sering melanda wilayah di Indonesia adalah demam berdarah dengue (DBD). Sistem informasi geografis (SIG) merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk membantu menganalisa kondisi suatu daerah terhadap penyakit untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk menangani penyakit. Sistem informasi geografis merupakan salah satu alat bantu untuk menyampaikan informasi mengenai penyebaran penyakit di suatu wilayah. Keberadaan SIG diharapkan mampu memberikan gambaran tentang penyebaran penyakit demam berdarah di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. 
       Sistem ini merupakan sistem berbasis web yang dikembangkan dengan menggunakan ArcView 3.3, Mapserver for Windows versi 2.3.1, PHP, dan MySQL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan sistem. Metode perancangan sistem dengan pendekatan fungsional digambarkan dengan menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Sedangkan dalam pemodelan basis datanya digambarkan dengan ERD (Entity Relationalship Diagram).
      Sistem ini dapat memberikan informasi mengenai gambaran peta data penderita penyakit demam berdarah dan jumlah kasus demam berdarah di wilayah Kecamatan Tegalrejo. Aplikasi sistem informasi geografis yang dihasilkan dapat mengintegrasikan antara data spasial berupa peta wilayah Kecamatan Tegalrejo dengan data non spasial berupa data penderita demam berdarah dan data kasus per tahun yang disajikan dalam bentuk tabel serta grafik. 

LATAR BELAKANG MASALAH 
          Penyakit merupakan masalah yang sering dihadapi dalam masyarakat. Salah satu kasus penyakit yang cukup melanda di Kecamatan Tegalrejo adalah DBD. Selama ini, penanganan masalah tersebut dilakukan dengan cara survey ke lokasi penderita sehingga memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu diperlukan tools untuk membantu mengatasi masalah ini, yaitu sistem informasi geografis. Sistem informasi geografis nantinya akan memberikan atau menyampaikan informasi mengenai penyebaran penyakit di suatu wilayah. 

METODE
           Dikembangkan dengan menggunakan Arc View 3.3, Mapserver for Windows versi 2.3.1, PHP, dan MySQL. Dalam pengembangannya, perancangan dan pembangunan aplikasi sistem informasi geografis ini dilakukan dengan metode pendekatan fungsional. Pendekatan fungsional akan digambarkan dengan menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Sedangkan, dalam pemodelan basis datanya digambarkan dengan ERD (Entity Relationalship Diagram).

KESIMPULAN 
              Penelitian ini menghasilkan tools untuk menyampaikan informasi mengenai penyebaran penyakit di suatu wilayah, yaitu sistem informasi geografis. Selain itu, sistem ini juga mampu menyajikan data spasial dan non spasial.


sumber : digilib.uin-suka.ac.id/.../BAB%20I,%20V,%20DAFTA...
 https://www.google.com/#q=skripsi+ahmad+fathan+hidayatullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar