Tugas Psi. Internet Minggu ke 5
1. Jelaskan
tentang E-commerce!
Jawaban
: E-commerce atau bisa disebut
Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Dilihat
dari jenisnya, E-Commerce kerap dibagi menjadi dua kategori, yaitu B-to-B dan
B-to-C. Prinsip pembagian ini dilandasi pada jenis institusi atau komunitas
yang melakukan interaksi perdagangan dua arah. Jika dilihat dari perspektif
lain, yaitu berdasarkan jenis aplikasi yang dipergunakan, E-Commerce dapat
dikategorikan menjadi 4 (empat) tipe: I-Market, Customer Care, Vendors
Management, dan Extended Supply Chain (Fingar, 2000).
1. I-Market
1. I-Market
Internet Market (I-Market) didefinisikan
sebagai suatu tempat atau arena di dunia maya dimana calon pembeli dan penjual
saling bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronis melalui medium
internet. Dari definisi tersebut terlihat bahwa tipe bisnis yang terjadi adalah
B-to-C karena sebagai penjual produk atau jasa, perusahaan berusaha
menghubungkan dirinya dengan I-Market yang notabene merupakan komunitas para
pengguna internet yang ada di seluruh dunia. Prinsip yang dipegang dalam tipe
ini adalah perusahaan menyediakan berbagai informasi lengkap mengenai seluruh
produk atau jasa yang ditawarkan melalui internet, dengan harapan bahwa ada
calon pelanggan yang pada akhirnya melakukan pemesanan atau pembelian terhadap
produk atau jasa tersebut (order).
2. Customer Care
Tipe aplikasi E-Commerce kedua adalah suatu
usaha dari perusahaan untuk menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan atau
konsumen yang telah dimilikinya. Jika pada waktu terdahulu perusahaan biasanya
menyediakan nomor telepon bebas pulsa (toll free) sebagai sarana yang dapat
dipergunakan pelanggan untuk bertanya, berdiskusi, atau menyampaikan keluhan
sehubungan dengan produk atau jasa yang telah atau akan dibelinya. Nomor
telepon ini pada dasarnya dihubungkan dengan pusat informasi perusahaan atau
call center. Dengan berkembangnya internet, maka dengan mudah konsumen dapat
berhubungan dengan customer service perusahaan selama 24 jam melalui situs
terkait. Tengoklah beberapa pelayanan yang biasa ditawarkan melalui situs
seperti: FAQ (Frequently Asked Questions), real time chatting, customer info changes,
dan lain sebagainya. Prinsip utama yang diharapkan oleh perusahaan dengan
mengimplementasikan E-Commerce jenis ini adalah untuk memberikan pelayanan
(supports and services) yang prima sehingga mempertinggi atau meningkatkan
loyalitas konsumen. Seperti halnya dengan I-Market, sebagian besar aplikasi
yang dipergunakan bersifat B-to-C.
3. Vendors Management
Hakekat dari sebuah bisnis adalah melakukan transformasi
“bahan mentah” menjadi sebuah produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.
Dengan kata lain, mayoritas perusahaan pastilah memiliki pemasok (supplier)
“bahan mentah” tersebut. Disamping itu, berbagai aktivitas penunjang seperti
proses administrasi, pengelolaan SDM, dan lain sebagainya kerap membutuhkan
beragam barang yang harus dibeli dari perusahaan lain. Proses pembelian yang
berlangsung secara kontinyu dan berulang secara periodik tersebut pada dasarnya
memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pengeluaran total perusahaan
(cost center). Penerapan aplikasi E-Commerce untuk menghubungkan perusahaan
dengan para vendor pemasok berbagai kebutuhan bisnis sehari-hari dapat menekan
biaya total yang dikeluarkan untuk aktivitas pengadaan dan pembelian barang.
Dengan dimanfaatkannya aplikasi E-Commerce jenis ini, perusahaan dapat
melakukan eliminasi berbagai proses yang tidak perlu, mengintegrasi beberapa
proses yang dapat sekaligus dilakukan, menyederhanakan proses yang
berbelit-belit, dan mengotomatisasikan proses-proses manual yang memakan waktu
dan biaya. Sehingga prinsip yang dijalankan dalam implementasi aplikasi
E-Commerce ini adalah perusahaan melakukan proses pemesanan, pengadaan, dan
pembeliaan bahan-bahan yang dibutuhkan dari berbagai pemasok dan vendor melalui
internet, dan para rekanan ini akan mengirimkannya kepada perusahaan sesuai
dengan kebutuhan. Tipe B-to-B merupakan platform transaksi yang diterapkan
dalam tipe E-Commerce ini.
4. Extended Supply Chain
Supply Chain adalah urutan proses atau aktivitas yang
dijalankan perusahaan mulai dari “bahan mentah” (raw materials) dibeli sampai
dengan produk jadi ditawarkan kepada calon konsumen. Proses generik yang biasa
dilakukan dalam supply chain adalah: pengadaan bahan mentah, penyimpanan bahan
mentah, produksi atau operasi bahan mentah menjadi bahan baku/jadi, penyimpanan
bahan baku/jadi, distribusi, pemasaran dan penjualan, serta pelayanan purna
jual. Tidak seperti pada perusahaan konvensional dimana proses dari hulu ke
hilir ini dilakukan secara penuh dan menyeluruh oleh perusahaan, untuk dapat
berkompetisi di era globalisasi seperti saat ini, perusahaan harus menjalin
kerja sama dengan rekanan bisnis yang lain (collaboration to compete). Kunci
dari kerja sama ini adalah untuk menciptakan suatu produk atau jasa yang lebih
murah, lebih baik, dan lebih cepat dari yang ditawarkan para kompetitor. Tentu
saja untuk dapat menciptakan produk atau jasa yang demikian, proses penciptaan
produk atau jasa di internal perusahaan harus dilakukan pula secara murah,
baik, dan cepat. Di sinilah prinsip penggunaan E-Commerce dipergunakan, yaitu
untuk melakukan optimisasi supply chain perusahaan dengan cara menjalin
hubungan dengan seluruh rekanan atau pihak-pihak lain yang terlibat langsung
dalam proses penciptaan produk atau jasa melalui jalur elektronis semacam
internet. Jelas terlihat bahwa seperti halnya tipe E-Commerce Vendor
Management, prinsip B-to-B merupakan platform yang diterapkan dalam
pengembangan E-Commerce terkait.
Beberapa
aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail
dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
http://yurindra.wordpress.com/e-commerce/empat-tipe-aplikasi-electronic-commerce/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar